Tugas
Komunikasi Bisnis
tentang
Proposal Usaha yang kami beri judul ”GENTENG SINAR CEMERLANG”
Disusun oleh kelompok 7 :
Ø Asyri Puji Lestari ( 11214771 )
Ø Mitha Suciana P ( 16214682 )
Ø Arief Ariyadi ( 11214560 )
Ø Dedi kurniawan ( 12214629 )
Ø RizqullahBima F (19214745 )
Ø Edi Mudji
Kelas : 4EA31
UniversitasGunadarma
Falkutas Ekonomi
PTA 2017/2018
BAB I
PENDAHULUAN
A.Nama dan Alamat Perusahaan
Nama
Perusahaan :Sinar Cemerlang
Alamat Perusahaan :Jl.Raya
Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp : 0293)493917
B.Nama dan Alamat Pemilik
Nama
Pemilik
:Nuryani
Alamat
Pemilik : Jl.Raya
Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran Temanggung
No.Telp : 0293)493918
C.Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama Pemilik
:Nuryani
Alamat
Pemilik : Jl.Raya Kaloran Km.5 Tegowanuh,Kaloran
Temanggung
No.Telp
: 0293)493918
D.Informasi Tentang Bisnis yang di jalankan
Jawa Tengah,terutama di
daerah Temanggung ini adalah salah satu atau mungkin satu-satunya daerah
penghasil tembakau terbesar dari daerah lainnya. sebagian besar masyarakat di daerah temanggung bekerja sebagai petani
tembakau.akan tetapi apa yang di capai saat ini memungkinkan apabila suatu saat
nanti tembakau sudah menurun, akan menimbulkan dampak tersendiri bagi pekerjaan masyarakat
temanggung.maka dari itu,hal tersebut memotivasi saya untuk mencari atau
membuka lapangan pekerjaan baru di luar bidang pertanian tembakau ini.karena
juga saya sara tembakau sendiri saat ini sudah mulai menurun tingkat produksi
maupun kualitasnya.yang akan saya bangun itu adalah suatu hal yang baru yang
bebeda dari pertanian tembakau,yaitu dengan memproduksi genteng tradisional yang
terbuat dari tanah. bukan dari bahan yang akhir-akhir ini mulai muncul yaitu yang berbahan dari
plastic yang saya rasa dapat mengakibatkan suhu dalam rumah itu panas.dan hal
itu ekan semakin menekat bulatkan saya menciptakan lapangan pekerjaan baru.dan
dengan hal ini dapat menggantikan lapangan pekerjaan yang lama yang kini
semakin menurun,seperti pertanian
tembakau.
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
- Ø VISI
Memproduksi Genteng yang terjamin baik dari segi kualitas dan kuantitas
oleh masyarakat
- Ø MISI
Memasarkan genteng di
dalam maupun di luar daerah dengan target beberapadaerah di luar jawa
- Menjaga kualitas
dan terus berinovasi
- Memberikan harga
produk yang terjangkau oleh masyarakat
- Meningkatkan mutu
dan kualitas,mengedepankan proses dalam pengolahanproduksi yang terjamin
baik dari bahan yang berkualitas dan rapi
- Ø TUJUAN
Dengan modal yang terbatas mampu membuat sebuah produk yang banyak diminati
di pasaran oleh masyarakat karna kualitas yang bagus dan hasga yang
terjangkau,juga berguna untuk mengurangi pengangguran di daerah jawa tengah
terutama daerah temanggung.
- SASARAN
Produk yang kami buat ini dapat di percaya sehingga dapat menjangkau
seluruh wilayah pelosok indonesia. Dan menjadi satu-satunya perusahaan pemroduksi genteng tradisional yang
terbuat dari tanah liat yang telah di olahdan dapat membuka cabang di wilayah
lain,dapat di gunakan untuk berbagai macam bentuk atap rumah sehingga kami
dapat terus berinovasi
- Kunci Keberhasilan
Usaha
- Mempunyai etos
kerja yang tinngi
- Menerima
gagasan-gagasan baru di dalam dunia usaha
- Menerima kritik
dan saran dari orang lain
- Tidak mudah putus
asa
- Bersemangat dalam
memulai usaha
- Disiplin dalam
bekerja
- Memberikan
pelayanan yang baik dan mengutamakan pelanggan
- Pandai
berkomunikasi terhadap pelanggan/partner
- Yakin bahwa usaha
bisa di laksanakan dengan baik
Analisis SWOT
- Strength(Kekuatan)
- Bertanggung
jawab,disiplin kerja,kreatif dan inovatif
- Dapat memennuhi
kebutuhan pelanggan
- Memberikan
pelayanan terbaik terhadap pelanggan
- Menghasilkan
genting yang berkualitas
- Weaknes(Kelemahan)
- Sarana dan
prasarana yang kurang lengkap
- Persaingan pasar
dengan perusahaan yang berskala nasional
- berubahnya kondisi
perekonomian
- Oportunity(Peluang)
- Dengan tetap
manjaga mutu dan kualitas barang,kami yakin kami dapat bersaing walaupun
harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di
kemudian hari.
- Saat ini dengan
belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di tingkat regional
kawasan temanggung,membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami
akan maju dan mampu sedikit mengurangi tingkat pengangguran di daerah
temanggung yang semakin banyak ini.yang di sebabkan perubahan masyarakat
yang mulai jenuh dan berubah profesi.
- Threaty(Ancaman)
Munculnya Perusahaan-perusahaan baru yang sejenis yang
berusaha menyaingi perusahaan kami,dengan peralatan yang cukup canggih.
BAB
III
ANALISIS
INDUSTRI
A. Perspektif Masa
depan
Dengan tetap menjaga
mutu dan kualitas,kami yakin bahwa perusahaan kami kedepannya akan menjadi
salah satu perusahaan besar yang terkemuka.melihat kondisi pasaran genting yang
saat ini semakin pesat dengan munculnya industri-industri yang semakin
maju,membuat kami semakin tertantang untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan
kuantitas baik itu dalam bekerja maupun hasil produksinya.
Apabila kedepannya perusahaan kami sudah mendapat
konsumen dengan jumlah yang banyak,untuk lebih meningkatkan hasil produksi dan
juga pemasaran,kami akan membuka anak perusahaan di daerah lain yang mempunyai
perspektif baik itu dari segi lingkungan maupun kondisi masyarakat sekitar
B. Analisis Persaingan
Persaingan dalam dunia
bisnistak dapat di elakkan.Seorang wirausahawan akan maju apabila ia mau
berusaha untuk bersaing.bekerja keras agar usaha yang ia geluti menjadi terbaik
di antara sekian banyak para wirausahawan.
Begitu juga kami akan berusaha semaksimal mungkin
untuk dapat bersaing dengan saingan-saingan kami,yaitu:
- Perusahaan dengan
jenis produk yang sama
- Perusahaan dalam
satu areal wilayah kerja.
Guna menunjang hasil
persaingan yang baik,kami akan lebih selektif dalam bekerja yang meliputi
proses produksi dan pemasaran.Dengan keselektifan tersebut,kami yakin
perusahaan lain akan menganggap perusahaan kami sebagai sainganterberat.
C. Segmentasi Pasar
yang akan Dimasuki
Segmentasi pasar sangat
berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di
pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan
salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja
kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan,dan
mengakibatkan banyak dampak negative bagi perkembangan perusahaan tersebut.Maka
dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami
adalah di mulai dari daerah pedesaan.Hal utama yang kami perhatikan dan lebih
kami utamakan yaitu permintaan terhadap produk buatan perusahaan kami,kondisi
persaingan dalam pemasaran,reaksi para pesaing dan biaya promosi atau
iklan.Selain hal tersebut di atas,dalam menentukan biaya dan laba yang
diharapkan,perusahaan kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap
waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan.
BAB IV
DISKRIPSI USAHA
A. Produk yang
Dihasilkan
Produk yang kami
hasilkan ini berupa genting yang terbuat dari tanah liat yang telah kami olah
dengan memenuhi prosedur yang ditetapkan bersama guna menjaga kualitas
yang bagus dan di senengi konsumen. sehingga konsumen puas dengan produk genting kami,karena konsumen sangat
berpengaruh bagi perkembangan perusahaan kami, apabila kepuasan konsumen kurang maka itu akan berdampak negative bagi
penghasilan dan perkembangan perusahaan.
B. Jasa Pelayanan
Kami sangat mengerti
kebutuhan para konsumen,maka dari itu dalam sector perusahaan GENTING SINAR
CEMERLANG yang kami dirikan kami tidak hanya menyediakan satu pencetak genting tetapi kami
menyediakan beberapa pencetak genting bahkan dengan tempat genting yang
berbeda-beda masanya,sehingga memudahkan bagi para konsumen untuk membeli
genting kapanpun mereka butuh.
C. Ruang lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup
usaha genting ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa
berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami,maka dari itu kami berusah
memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen
Perusahaan GENTING SINAR CEMERLANG kami terletak di
Desa Tegowanuh, Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasi
pabik tersebut sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena
lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses
transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.
D. Personalia dan
Peralatan Kantor
Susunan kegiatan
personalia bagi sebuah perusahaan wajib ada,namun dalam usaha genting
kami,susunan kegiatan personalia masih dalam bentuk sederhana yang
masing-masing personalia memiliki kegiatan dan tanggung jawab yang berbeda dalam
perusahaan ini.
Kami tidak memerlukan banyak peralatan kantor,kami
hanya membutuhkan buku catatan daftar kalkulasi dana dan peralatan untuk
pengolahan dan perawatan genting itu sendiri.
BAB V
RENCANA PRODUKSI[
A. Proses Produksi
Proses produksi yang
kami rencanakan dan kami jalankan dalam perusahaan genting sinar cemerlang ini
adalah sebagai berikut:
- PERSYARATAN LOKASI
- Lokasi yang tidak
terlalu jauh dari perumahan penduduk.
- Lokasi mudah
terjangkau dari pusat-pusat pemasaran.
- Lokasi terpilih
bersifat menetap, artinya tidak mudah terganggu oleh keperluan-keperluan
lain selain untuk usaha genting.
- PEDOMAN TEKNIS
BUDIDAYA
Penyiapan Sarana dan
Peralatan
Ø Bahan-bahanutama
1.
1. Tanah liat
2.
2. kayu bakar
3.
3. pasir
4.
4. minyak tanah dan
kacang
5.
5. jerami
Ø Cara pembuatan
Haluskan tanah liat,pasir dalam penggilingan lalu bentuk kotak-kotak
menurut ukuran sesuai dengan genting.setelah jadi lalu cetak tanah-tanah yang
sudah di bentuk itu sehingga berbentuk genting.dengan di lapisi minyak tanah
yang di campur dengan minyak kacang dengan perbandingan 1:2,agar genting tidak
mudah rusak dan lebih halus.setelah terbentuk menjadi genting keringkan genting
–genting itu dengan cahaya matahari.setelah kering lalu bakar sampai genting
berubah menjadi warna merah.
Keadaan Gedung dan Perlengkapannya
Mengenai gedung yang di
gunakan untuk pabrik dalam perusahaan kami ini terdapat di suatu wilayah tidak
jauh dari tempat tinggal penduduk setempat dan jalan raya,di perusahaan kami
terdapat pabrik,satu gudang untuk penyimpanan tanah yang sudah diolah, dan
alat-alat yang di gunakan untuk pencentakan genting,di sini terdapat juga
tempat pembakaran genting khusus,sehingga tidak mengganggu aktivitas proses
pengolahan genting.
B. Sumber – sumber
Bahan Baku
Bahan baku yang berupa
tanah liat kami dapatkan dari luar daerah yang sudah teruji dan terbukti
kualitasnya.daerah lain yang mempunyai sumber daya yang lebih dapat kami
gunakan untuk menambah bahan baku yang kami perlukan.dengan membeli dari para
penjual tanah olahan untuk genting dengan ukuran tertentu dan dengan harga yang
tertentu pula.yang tidak merugikan berbagai pihak,baik dari penjual tanah
maupun dari pembeli seperti perusahaan kami.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
Pemasaran adalah usaha
untuk mencari, menemukan dan mempertahankan konsumen. Strategi pemasaran yang
utama adalah mencari kepuasan konsumen. Dalam sebuah peternakan, bagian
produksi dan pemasaran harus seimbang, karena apabila pemasaran tidak berjalan
dengan baik akan terjadi penumpukan hasil produksi. Hal ini dapat menyebabkan
kerugian, mengingat produk genting mudah rusak Oleh karena itu, kami harus bisa
memasarkan hasil produksi dan mencari pelanggan.
A. Penetapan Harga
Setelah memperhitungkan
dengan cukup matang,akhirnya kami tetapkan bahwa harga per biji genting adala
Rp.400,00 agar kami menghasilkan laba sesuai dengan yang kami inginkan.
B. Pelaksanaan
Distribusi
Perusahaan kami tidak
memerlukan pendistribusian khusus karena kebanyakan dari para konsumen biasanya
datang langsung ke tempat kami sehingga kami tidak banyak mengeluarkan tenaga
dan biaya untuk pendistribusian.akan tetapi apabila konsumen menginginkan
pengiriman barang dengan jasa pendistribusian juga,maka kami siap menyediakan
jasa pendistribusian juga.
C. Promosi yang akan
Dilakukan
Untuk promosi usaha,
kami tidak mengunakan media cetak maupun media elektronik. Namun kepuasan
konsumen akan secara tidak langsung membantu dalam memperkenalkan produk kami
kepada para konsumen lainnya. Sehingga secara tidak langsung konsumen kami akan
terus bertambah dari waktu ke waktu.
D. Pengembangan Produk
Untuk perencanaan
pengembangan hasil produk dalam perusahaan genting ini,kami telah menyusun
berbagai cara jitu yang nantinya akan membuat perusahaan genting ini berkembang
dengan pesat,berkualitas tinggi dan di segani para konsumen.
BAB VII
RENCANA ORGANISASI
A. Informasi tentang
Partner
Dalam sebuah usaha
tentunya tidak dapat berjalan lancar tanpa partner,karena partner adalah salah
satu dari pengembangan pendistribusian dalam usaha tersebut.maka dari itu dalam
perusahaan genting ini kami mencari partner yang kami anggap cocok,bisa di
percaya untuk pengembangan usaha kami dan tentunya menguntungkan.Partner yang
biasa kami pilih yaitu toko-toko meubel yang menyediakan menu genting.Dalam hal ini kami baru
mempunyai beberapa partner saja maka dari itu kami terus berusaha mencari
partner yang sebanyak-banyaknya demi kelancaran pendistribusian ternak kami.
B. Uraian tentang
Kekuasaan
Masing-masing bagian
telah memiliki kekuasaan dan tanggung jawab terhadap jadwal kegiatan yang telah
di tentukan perusahaan,sehingga tidak akan terjadi bentrokkan atau kekacauan
dari bagian yang satu dengan bagian yang lainnya.untuk bagian pencetakkan
bertugas mencetak,memberi penggilingan tanah,dan membakar genting.
C. Latar belakang
Anggota Tim Manajemen
Tenaga kerja adalah
suatu komponen pada unit usaha tertentu yang merupakan penggerak dari seluruh
unit kegiatan karyawan di perusahaan kami datang dari latar belakang pendidikan
yang berbeda-beda,kebanyakan dari karyawan kami tidak memiliki lulusan
pendidikan,hanya yang memiliki lulusan pendidikan bekerja di bagian kantor
perusahaan itupun paling tinggi lulusan SMA/SMK.Sebagian besar karyawan berasal
dari wilayah sekitar pedesaan. Disiplin, tanggung jawab dan kerja sama sangat
dianjurkan pada semua karyawan demi terciptanya etos kerja yang tinggi.
Anggota atau karyawan
dari perusahaan genting sinar cemerlang ini jelas diketahui apa kelebihan dan
kekurangan masing – masing, sehingga kecil kemungkinan terjadi ketidak
profesionalan atau kesalahan kerja.Sebagai menejer tentunya memiliki keahlian
yang memadai guna kelancaran dan kemajuan bisnis suatu perusahaan.
D. Peranan dan
Tanggungjawab personalia
Masing-masing
personalia memiliki tanggungjawab sendiri, yaitu sebagai berikut:
1. Manager berperan dalam memimpin dan memenej para
karyawan dalam perusahaan untuk memajukan usaha.manager juga bertanggung jawab
atas maju mundurnya perusahaan.
2. Karyawan bertugas melaksanakan perintah pimpinan atau
atasan sekaligusmemberimasukantentangbagaimanacara yang
lebihbaikuntukmemajukanperusahaan.
BAB VIII
RESIKO
A. Evaluasi tentang
Kelemahan
Dalam sebuah usaha
tentunya tidak selalu terjadi kesuksesan,tetapi ada juga suatu
kegagalan.kegagalan-kegagalan tersebut merupakan sebuah kelemahan dalam
perkembangan perusahaan,maka dari itu pihak perusahaan harus bisa mengevaluasi
dari kelemahan-kelemahan tersebut,dan harus menganalisisnya untuk menemukan
cara yang terbaik untuk mengatasi kelemahan itu.
Salah satu
kendala/kelemahan yang terjadi dalam perusahaan kami yaitu kurangnya modal yang
membuat perkembangan perusahaan kami sedikit tidak berjalan dengan
lancar,selain itu persaingan antar perusahaan ternak dan pendistribusian di
sekitar wilayah itu juga mempengaruhi.
Faktor yang tak terduga yang dapat mengurangi
produktifitas perusahaan ini antara lain yaitu:
Cuaca
cuaca yang tidak menentu yang menghambat proses
produksi di perusahaan kami, karena apabila cuaca
sedang buruk maka genting yang akan di keringkan menjadi lama dan tidak
kering,juga apa bila musim panas yang terlalu lama maka dalam proses pengolahan
tanah para penjual tanah yang membutuhkan banyak air akan terhambat,karena
susahnya mendapatkan air yang dibutuhkan di tengah areal sawah.
BAB IX
RENCANA PERMODALAN
A.Neraca Permulaan
Perusahaan
ASPEK KEUANGAN /
PERMODALAN
SINAR CEMERLANG
1.Sumber Modal
A. Modal
sendiri
Rp. 25.000.000,00
B. Modal Kredit
Bank Rp. 10.000.000,00 __________________+
Rp. 35.000.000,00
2.Modal atau investasi
a. Tanah seluas 20m2 Rp. 5.000.000,00
b. Bangunan Seluas 18 m2 Rp. 10.000.000,00
c. Mesin
Pencetak
Rp. 5.000.000,00
d. Tempat
genteng
Rp. 2.000.000,00
e. Tempat
pembakaran
Rp. 3.000.000,00
________________ +
Rp. 25.000.000,00
Modal kerja setiap periode perputaran untuk 1 bulan
- Kayu
bakar
Rp. 3.200.000,00
- Jerami
Rp. 60.000,00
- Minyak
Rp. 200.000,00
- Sewa pengolah
tanah Rp. 1.800.000,00
- Pasir
Rp. 200.000,00
- Gaji karyawan
cetak
Rp. 600.000,00
- Gaji karyawan 4x
bakar
Rp. 200.000,00
- Gaji Pemilik
Perusahaan
Rp. 1.000.000,00
- Biaya makan 2
karyawan
Rp. 300.000,00
_________________+
Rp. 7.560.000,00
Pajak 2% per bulan
2X 10.000.000 =200.000/Bln
100
Dalam 6 bulan berarti 200.000 x 6 = Rp. 1.200.000,00
Proyeksi Aliran Kas
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
Aprl
|
Mei
|
juni
|
Perkiraan Penerimaan
|
||||||
Hasil Penjualan Tunai
|
5000
|
6000
|
7500
|
7500
|
8000
|
8000
|
Penagihan Piutang
|
3000
|
3000
|
3500
|
3000
|
3000
|
3500
|
Penerimaan Lain
|
2000
|
2000
|
1500
|
2000
|
2000
|
2500
|
Jumlah Penerimaan
|
10000
|
11000
|
12500
|
12500
|
13000
|
14000
|
Perkiraan Pengeluaran
|
||||||
Pembelian Bahan Mentah
|
5460
|
5460
|
5000
|
5500
|
5500
|
5500
|
Pembayaran Upah
|
1800
|
1800
|
2000
|
2000
|
2000
|
2000
|
Biaya Administrasi & umum
|
3000
|
3000
|
2500
|
3000
|
3000
|
3000
|
Biaya Penjualan
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
Pembayaran Pajak
|
600
|
200
|
200
|
200
|
||
Jumlah Pengeluaran
|
11260
|
11260
|
11100
|
11700
|
11700
|
11700
|
Surplus(Defisit)
|
(1260)
|
(1260)
|
1400
|
800
|
1300
|
2300
|
Penerimaan saldo akhir bulan Desember 2008 adalah Rp.1000.000
Kredit yang di minta untuk bulan januari Rp 4.000.000,00 dan Untuk Februari
Rp. 3.000.000,00 Pembayaran Kredit sebagian akan dilakukan maret Rp.1000.000,00
April Rp 2500.000,00. Mei Rp. 2500.000,00 dan juni Rp.1.000.000,00
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
Juni
|
Saldo Kas PB
|
1000
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
Terima Kredit dari PB
|
4000
|
3000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Membayar Kembali Kredit PB
|
-
|
-
|
(1000)
|
(2500)
|
(2500)
|
(1000)
|
Alat Likuid tersedia pada PB
|
5000
|
6660
|
5340
|
4160
|
2330
|
2450
|
Surplus(Defisit)
|
(1260)
|
(260)
|
1400
|
800
|
1300
|
2300
|
Pembayaran bunga AB
|
(80)
|
(60)
|
(80)
|
(130)
|
(180)
|
(200)
|
Saldo KAS
|
366
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
4550
|
Budget Kas
Uraian
|
Jan
|
Feb
|
Mart
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|
I
|
Saldo Kas PB
|
1000
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
II
|
Penerimaan Kas
|
||||||
1.Hasil Penjualan Tunai
|
5000
|
6000
|
7500
|
7500
|
8000
|
8000
|
|
2.Penagihan Piutang
|
3000
|
3000
|
3500
|
3000
|
3000
|
3500
|
|
3.Penerimaan Kredit
|
4000
|
3000
|
-
|
-
|
-
|
-
|
|
4.Penerimaan Lain
|
2000
|
2000
|
1500
|
2000
|
2000
|
2500
|
|
Jumlah penerimaan
|
14000
|
14000
|
12500
|
12500
|
13000
|
14000
|
|
Jumlah kas keseluruhan
|
15000
|
17660
|
18840
|
19160
|
17830
|
17450
|
|
III
|
Pengeluaran Kas
|
||||||
1.Pembelian Bahan Mentah
|
5460
|
5460
|
5000
|
5500
|
5500
|
5500
|
|
2.Pembayaran Upah
|
1800
|
1800
|
2000
|
2000
|
2000
|
2000
|
|
3.Biaya Penjualan
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
1000
|
|
4.Biaya Administrasi
|
3000
|
3000
|
2500
|
3000
|
3000
|
3000
|
|
5.Pembayaran Bunga
|
80
|
60
|
80
|
130
|
180
|
200
|
|
6.Pembayaran Pajak
|
-
|
-
|
600
|
200
|
200
|
200
|
|
7.Pembayaran Utang Bank
|
-
|
-
|
1000
|
2500
|
2500
|
1000
|
|
Jumlah Pengeluaran
|
11340
|
11320
|
12180
|
14330
|
14380
|
12900
|
|
IV
|
Saldo kas AB
|
3660
|
6340
|
6660
|
4830
|
3450
|
4550
|
BEP
1.perhitungan BEP atas dasar kuantitatif (Unit)
Rumus perhitungannya adalah:
FC
BEP(Q)= P-VC
Keterangan =
BEP(Q) :Jumlah
unit produk yang dihasilkan/di jual
FC
:Fixed Cost(biaya tetap)
VC :Variabel
Cost(biaya variabel)
P
rice per unit (harga jual per unit)
Jadi BEP(Q)-nya adalah:
Biaya tetap =Rp.35.000.000,00
Biaya
Variabel
=Rp.300,00
Harga
jual =Rp.400,00
Berapakah BEP(Q)nya?
Jawab:
FC
35.000.000,00
BEP(Q)= P-VC =
400-300 =Rp.350.000 per unit
2.Perhitungan BEP atas dasar penjualan dalam rupiah
Rumus perhitungan adalah
FC -∑ VC BEP(R)= 1 S
Keterangan
BEP(R) :Hasil
penjualan dalam rupiah
FC
:Fixed Cost(biaya tetap)
∑VC
:Biaya Variabel(Variabel cost)=jumlah unit x biaya per unit
S
:Volume Penjualan
Jadi BEP(R)nya adalah:
Biaya tetap =Rp.35.000.000,00
Biaya Variabel=Rp.300,00
Harga jual =Rp.400,00
Kapasitas produksi maksimal 20000 unit
Berapakah BEP(R)nya?
FC =Rp. 35.000.000,00
-∑
VC
=1-20000 x 300 BEP(R)= 1
S = 20000 x 400
= 35.000.000
35.000.000
= 1-20000 x 300 = 1-0,75
8.000.000 = 140.000.000
35.000.000 140.000.000
0.25 400 = Rp.350.000.00
BAB X
APENDIKS
|
||
|
Nomor Pokok Wajib Pajak
Tanda Daftar Usaha Perdagangan
Tanda Daftar Usaha Perdagangan
|
BAB IX
PENUTUP
A.Kesimpulan
Demikian proposal ini saya susun dengan harapan
permohonan pendirian perusahaan yang saya dirikan dapat di kabulkan.pembuatan
proposal ini bertujuan untuk memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan tentang
peluang dalam dunia usaha.Dari pendirian usaha ini,saya menyimpulkan bahwa
berdirinya perusahaan ini karena kebutuhan masyarakat dan permintaan
pasar yang sangat mendukung perkembangan usaha ini.Selain itu saya mendirikan
perusahaan Genting ini juga mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah
mengurangi pengangguran di era krisis global seperti sekarang ini.
Saya menyadari bahwa tiada yang sempurna di dunia ini
kecuali yang Maha Kuasa.Dalam pembuatan proposal ini tentunya masih banyak
kekurangan,untuk itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun
guna lebih baiknya penyusunan proposal yang selanjutnya.
Akhir dari penulisan proposal ini saya ucapkan terima
kasih kepada semua pihak yang telah ikut serta berpartisipasi dalam penyusunan
proposal dan pendirian perusahaan “Genteng Sinar Cemerlang”.Dan terima kasih
juga atas terkabulnya proposal ini,serta saya berharap agar pelaksanaan
perusahaan yang saya dirikan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar seperti
harapan saya.
B.Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat berjalan
lancar,maka saya mempunyai beberapa saran,antara lain:
- Percaya dan yakin
bahwa usaha bisa di laksanakan
- Pandai
berkomunikasi
- Mempunyai etos
kerja yang tinggi
- Mau mendengarkan
kritik dan saran dari orang lain
- Tidak mudah putus
asa
- Mampu menghasilkan
produk yang berkualitas
- Mengutamakan
kepuasan pelanggan
- Disiplin,bertanggung
jawab,kreatif dan inovatif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar